Pemahaman soal jihad yang telah terdistorsi ke arah ekstremisme, coba diluruskan oleh sebuah organisasi Muslim di Amerika Serikat. Melalui iklan, kelompok ini menunjukkan jihad adalah perjuangan pribadi seorang Muslim dalam kehidupannya.
Kampanye ini disampaikan dalam bentuk stiker besar di bus-bus di seluruh AS, Twitter, Facebook dan situs myjihad.org. "Myjihad (jihad saya) adalah menciptakan persahabatan di setiap jalan," tulis iklan di bus, menampilkan foto yang menunjukkan keakraban, dilansir al-Arabiya, Sabtu 15 Desember 2012.
"MyJihad adalah tidak menghakimi seseorang berdasarkan penampilannya," tulis iklan di bus lainnya yang menampilkan dua wanita berjilbab.
Seorang aktivis dalam kampanye ini, Ahmed Rehab, mengatakan bahwa cara ini adalah bentuk frustasi mereka terhadap kata jihad yang salah diartikan dan dianggap buruk. "Jihad adalah kata yang sayangnya disalahartikan oleh tindakan para ekstremis dan doktrin publik yang Islamofobia yang membenarkannya," kata Rehab.
"Kampanye MyJihad digelar untuk 'merebut' kembali makna jihad bagi Muslim dan ekstremis anti-Muslim yang ironisnya memiliki pandangan yang sama," lanjutnya lagi.
Iklan-iklan kampanye jihad telah ditempelkan di bus-bus di Chicago. Rehab berharap, jika dana mereka mencukupi, akan menggelar kampanye iklan ini pada bus dan kereta di New York, Washington, San Fransisco, Seattle, Houston, Dallas, Cleveland dan Oklahoma City.
Kampanye MyJihad juga rencananya akan merambah wilayah Toronto, London, Manchester, Sydney dan Melbourne.
0 komentar:
Posting Komentar