Make Top Rank Blog

Translate

24 Juni 2013

Dadaha Tasikmalaya Lautan Sepeda


Dalam sekejap wajah Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, berubah warna. Ribuan sepeda dari berbagai komunitas yang ada di wilayah Priangan timur “tumplek” memenuhi area Lapangan. Dadaha pun berubah menjadi lautan sepeda.
Ada sekitar 3.000 peserta segala usia, me­ngikuti sepeda sehat HUT HU “Kabar Pria­ngan”, menyusuri rute jalanan di Kota Tasikmalaya sepanjang 10 kilometer pada Minggu (23/2).
Kampanye gemar berse­pe­da itu pun sengaja dilontarkan HU “Kabar Priangan” pada peringatan ulang ta­hunnya yang ke14. Kegiatan itu dipilih dalam kampanye berkendara sehat. Karena dengan bersepeda selain sehat juga bisa mengurangi polusi udara dan menghemat bahan bakar minyak (BBM).
Sejak kibaran bendera star diayunkan Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Dede S­drajat di Lapangan Dadaha, semua peserta menyemut menyusuri rute jalanan yang sudah ditetapkan. Peluh membasuh tubuh para “gowesser”, namun mereka terlihat bahagia dan ceria.
Jajaran muspida Kota Ta­sikmalaya pun terlihat ber­baur dengan masyarakat mengikuti sepeda sehat. Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Letkol Eden Candra Hayat pun ikut andil bagian menggowes sepeda bersama muspida lainnya.
Para pecinta olah raga sepeda dari berbagai komunitas pun memilih tetap berada di Dadaha. Teriknya mentari yang cukup menyengat tidak menyurutkan semangat mereka untuk tidak beranjak hingga acar usai.
Wajah-wajah penuh peluh namun terlihat ceria pun memenuhi area pelataran Lapangan Dadaha. Sebagian berada di pinggir lapangan untuk berteduh di bawah rindangnya pepohonan. Namun sebagian lagi berada di lapangan untuk bergoyang sambil menunggu kupon undian diumumkan.
“Bersepeda sudah harus menjadi bagian keseharian masyarakat, karena ini menyehatkan baik jiwa dan raga,” kata Wakil Wali Kota Tasikmalaya, H. Dede Sudrajat.
Ia mengajak masyarakat untuk tidak malu bersepeda dan terus mensosialisasikan kepada masyarakat lain yang belum bersepeda. Termasuk, berangkat kerja ke kantor pun dengan bersepeda. Karena dengan bersepeda itu bisa menyehatkan tubuh, dan yang paling penting ramah lingkungan, tidak mengeluarkan polusi, tetapi mengeluarkan keringat.
“Sepeda itu sehat, apalagi ini ada banyak hadiah yang disediakan oleh panitia HU Kabar Priangan dalam syukurannya yang ke14 tahun. Kami sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini,” tambahnya.
Bupati Tasikmalaya, HU Ruzhanul Ullum yang sejak 2011 lalu gemar “sasapedahan” mengatakan, bersepeda bukan hanya ramah lingkungan tetapi juga bisa menghemat BBM.
“Bersepeda itu banyak manfaatnya, bukan hanya sehat tapi juga bisa menghemat biaya BBM. Makanya mari kita lakukan kegiatan bersepeda ini di semua kalangan,” katanya.
Uu dan Dede pun cukup menikmati suasana “sasapedahan” bersama ribuan “gowesser” lainnya. Rute sejauh 10 kilometer dirasa cukup untuk membakar kalori dan mengeluarkan keringat.
“Luar biasa, sehat pisan ini mah, kalori yang terbakar cukup banyak,” kata warga Jalan Rumah Sakit, Agus WS yang sejak lama menyukai olah raga sepeda.
Kata dia, manfaatnya sangat besar bagi tubuh sendiri. Dan yang paling penting tidak menyumbang polusi bagi kerusakan udara. Kegiatan seperti ini kata dia harus terus dilakukan agar semakin banyak warga yang menggemari olah raga sepeda.
“Atau nanti aktivitas seharihari bisa dengan sepeda, jadi jalanan itu tidak macet dan bisa mengurangi polusi,” tegasnya.
Direktur Utama PT Berkah Pikiran Rakyat, Muhtar Ibnu Thalib, mengatakan, kegiatan sepeda sehat merupakan rangkaian kegiatan HUT HU “Kabar Priangan” yang ada di bawah naungan PT Berkah Pikiran Rakyat.
Menurutnya, sepeda sehat baru pertama kali dilakukan, dan sengaja dipilih sebagai bagian dalam upaya meningkatkan minat masyarakat untuk bersepeda.
“Bersepeda itu manfaatnya banyak sekali bagi kehidupan masyarakat dan kita coba gelorakan agar menjadi bagian dari kehidupan masyarakat,” ucapnya.
Dalam kesempatan itu, Tisna Suryana (23) Warga Rancamaya, Kelurahan Kersamenak, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya mendapat hadiah utama Umroh. Bagi Tisna hadiah tersebut yang kedua kalinya diperoleh dari HU “Kabar Priangan”. Tahun lalu dalam ajang Jalan Sehat Hari Pahlawan, Tisna juga mendapat hadiah Umroh.
Sedangkan Abdul Syukur (45) warga Pagendingan, Desa Jatihurip, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, dan Oni Tresnahadi (42) warga Rajapolah, RT 01/RW 02, Desa dan Kecamatan Rajapolah, mendapatkan hadiah masingmasing satu unit sepeda motor Mio-J. Panitia juga membagikan 14 unit sepeda bagi peserta yang beruntung dan sederet hadiah lainnya yang berhasil diboyong pemenang.

0 komentar:

Posting Komentar

ANTARA News