Translate

19 November 2012

Seureupeun Cihaurbeuti


Disebutkan dalam Sejarah Singkat Bupati Sukapura I (1632-1674), Raden Patah (Sultan Demak I) memiliki putera; Raden Trenggono (Sultan Demak ke II) yang memiliki putera Joko Tingkir (Sultan Pajang) dan Pangeran Benowo (Bupati Pajang), serta Pangeran Benowo yang memiliki putera Pangeran Kusumah Diningrat.
Sewaktu terjadi perang saudara antara Pajang dan Mataram, yang selama peperangan karena Pangeran Kusumah Diningrat belum dewasa, beliau dititipkan kepada Sultan Demak. Sambil menunggu peperangan selesai, Pangeran Kusumah Diningrat mengembara mencari ilmu. Sampailah di tanah Sunda, tepatnya di Kampung Padarek, Kecamatan Cigalontang. Beliau mendapat julukan 'Pangeran Dago Jawa'.
Pangeran Kusumah Diningrat menikah dengan Raden Ayu Sudarsah, Putera Pangeran Rangga Gempol (Cucu Pangeran Geusan Ulun dari Sumedang). Beliau menurunkan putera 5 orang antara lain : (1) Seureupeun Manangel, (2) Seureupeun Cibeuli, (3) Seureupeun CIHAURBEUTI, (4) Seureupeun Dawagung, dan (5) Seureupeun Cibuniagung (yang menurunkan Sukapura).
Seureupeun Cibuniagung berputera Raden Wirahadiningrat (Entol Wiraha) dan Nyi Ageng. Raden Wirahadiningrat menikah dengan Putera Dalem Sukakerta, bernama Brajayuda, Keturunan dari Srigading Anteg (Terah Galunggung). Beliau mempunyai putera lima orang; (1) Raden Wirawangsa, (2) Raden Astrawangsa, (3) Raden Pranawangsa, (4) Raden Narahita, dan (5) Raden Bagus Halipah.
Karena kegagahan dan keberaniannya setelah selesai perang Dipati Ukur tahun 1632, Raden Wirawangsa diangkat menjadi Bupati Sukapura yang pertama dan beliau wafat pada tahun 1674, serta dimakamkan di Baganjing Sukapura.
(Anu janten perhatosan urang Cihaurbeuti, saha ari Seureupeun Cihaurbeuti teh? Naha eta anu akhir baringna janten rundayan Astamanggala (Umbul Cihaurbeuti yang kemudian menjadi bupati pertama di Bandung) tea teh?)

0 komentar:

Posting Komentar

ANTARA News