Translate

11 Desember 2012

Inilah Batu yang Mirip Wajah Manusia dan Bisa Menangis di Garut


Beberapa waktu lalu, warga Kampung Pananjung, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, sempat digegerkan dengan penemuan sebuah batu yang mirip dengan wajah manusia. Mulanya, batu tersebut sempat diduga sebagai peninggalan masa prasejarah. Warga setempat menyebutnya “batu menangis”. Pasalnya, pada tahun 2009 dan 2011, warga menjumpai bahwa batu tersebut mengeluarkan air.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kemudian memutuskan untuk menyelidikinya. Hasil penelitian menunjukkan temuan batu besar dengan ukiran menyerupai wajah manusia bukan dibuat oleh manusia zaman dahulu, melainkan lebih disebabkan oleh faktor alam.
“Saya sudah meninjau ke lokasi dan melihat batunya langsung dan itu saya kira karena faktor alam, bukan dibuat oleh manusia,” kata Kepala Bidang Kebudayaan dan Kepurbakalaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Garut, Warjita di Garut, Oktober 2012 lalu.
Berdasarkan berita Antara, batu tersebut merupakan hasil muntahan dari Gunung Guntur antara abad 18 dan 19. Diameter batu itu sekitar 2 meter. Batu memiliki permukaan yang menyerupai dua mata, hidung dan mulut sehingga tampak seperti wajah manusia.

ANTARA News