Translate

15 November 2012

1 Muharam di Cihaurbeuti, Ribuan Kendaraan Berkonvoy


Dalam rangka menyambut 1 Muharam 1434 H, ribuan kendaraan memadati jalan lintas provinsi, Cihaurbeuti - Ciamis pada hari Kamis, 15 Nopember 2012. Konvoy kendaraan ini didominasi roda empat,  mulai dari bak terbuka, hiace, sampai ada yang menggunakan bis. Lebih dari satu jam sejak pukul 08.00, antrian kendaraan yang membawa peserta masih terus berjalan. Peserta mayoritas siswa sekolah dan ibu-ibu.
Dengan mengumandangkan shalawat, konvoy ribuan kendaraan bergerak dari Gedung Dakwah Cihaurbeuti untuk bergabung dengan ribuan kendaraan lainnya yang berasal dari wilayah sekitar, seperti Panumbangan, Panjalu, Sukamantri, dan Sindangkasih untuk kemudian menuju ibu kota ciamis. Pelaksanaan konvoy sendiri berjalan tertib dan lancar dengan pengawalan dari kepolisian setempat.
Menurut salah satu peserta yang berasal dari Buniasih Landeuh Sumberjaya, Ate Misbah, kegiatan menyambut 1 Muharam 1434 H ini dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat tentang adanya penghitungan kalender hijriyah dalam Islam.  
"Kebanyakan masyarakat hanya mengetahui bahwa tahun baru itu ya 1 Januari, padahal itu merupakan kalender Masehi. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat lebih akrab lagi dengan kalender Hijriyah yang merupakan kalender Islam", kata Ate Misbah.
Lebih lanjut Ate Misbah menyatakan  kegiatan dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah akan rutin dilaksanakan setiap tahun. "Penyambutan 1 Muharam akan dilaksanakan setiap tahunnya, insya Allah. Mudah-mudahan saja pemasyarakatan tahun baru Islam bagi masyarakatnya sendiri ini dapat memberikan hal yang positif dalam perkembangannya:, tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

ANTARA News