Translate

17 Desember 2012

Ciamis Longsor Lagi!


Walaupun tidak memakan korban jiwa tetapi menambah catatan yang membukukan Ciamis rawan longsor. Usai hujan deras, jalan di Puncakasih, Cisadap tertutup longsoran. Jalan penghubung Cisadap dan Kecamatan Sadananya itu sempat tertutup total. Lumpur tanah menutup separuh jalan, selain longsoran juga menggerus tanah tebing.
Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Desa Cisadap, Daris, menuturkan peristiwa itu terjadi Sabtu sore, (15/12), saat hujan mengguyur daerah tersebut cukup tinggi. Tebing setinggi 10 meter pun longsor karena kolam ikan yang berada di atasnya jebol tidak kuat menampung air. "Saya pikir ini penyebabnya karena kolam ikan yang ada di atas jebol, dari longsor ini satu pohon kelapa tumbang, kemudian menimpa pada kabel telpon yang berada tepat di depannya," kata Daris.
Akibatnya, sempat memutuskan jalan yang menghubungkan ke sadanya selam empat jam. “Meski jalan kecil tetapi kendaraan yang masuk sangat banyak, jadi warga sekitar bergotongroyong langsung membersihkan material longsor yang menutup jalan,” katanya.
Ia menambahakan, untuk membersihkan tebing ini membutuhkan alat berat agar jalan yang tertutup oleh material longsor ini bisa kembali digunakan dengan normal.
"Mungkin agar jalan ini kembali normal harus di bantu dengan alat berat, kemudian rencana kami tebing yang longsor ini akan di buat terasering untuk mencgah hal terjadi terulang," ungkapnya.
Longsor pun terjadi di di dusun Lebaklipung Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis, longsor terjadi pada waktu yang sama. Tebing setinggi 20 meter roboh, menggerus jalan juga menutup aliran irigasi Cibodas.

0 komentar:

Posting Komentar

ANTARA News