Translate

22 Desember 2012

Selain Kalender Suku Maya, Inilah 7 Ramalan Kiamat Paling Heboh


Prediksi kiamat tidak ada habisnya. Yang terbaru diakui atau tidak memang banyak dipengaruhi oleh penanggalan Suku Bangsa Maya yang habis masa berlakunya pada 21 Desember 2012.
Tak hanya dibantah oleh NASA dalam website resminya pekan lalu, sejumlah ilmuwan dari Maya juga memberikan bantahan. Sebagaimana dikutip berbagai sumber hari ini menandai akhir dari suatu periode perkiraan 400 tahun dalam kalender Maya yang jatuh pada akhir 2012.
Spekulasi mengenai kiamat pada 2012 juga dilontarkan Institut Nasional Sejarah Antropologi Meksiko. Menurut institusi tersebut, hanya dua dari 15.000 dari teks peninggalan Suku Maya yang menyebut 2012 namun itu pun tidak menyebutkan perkiraan kiamat.
Penyebab terbaru yang menyebabkan munculnya prediksi kiamat berkaitan pergeseran kutup yang dilatarbelakangi rotasi bumi hingga 180⁰ terhadap inti. Prediksi ini menurut NASA sangat membodohi masyarakat karena keduanya tak berkaitan sama sekali.
Berkaitan dengan berbagai prediksi kiamat, berikut tujuh ramalan kiamat yang terbukti gagal namun berhasil membuat panik masyarakat.
  1. Ramalan kiamat pernah terjadi pada 1806 di Leeds, sebuah kota di Negara Inggris. Ramalan tersebut muncul bertepatan dengan maraknya deklarasi akan kembalinya Yesus Kristus sementara pada saat yang sama muncul telur dengan nama Yesus Kristus akan datang. Kabar tersebut langsung menyebar dan orang segera mengaitkannya dengan prediksi hari kiamat yang semakin dekat. Untunglah tak begitu lama setelah berita menyebar dan membuat panik masyarakat, orang iseng yang menulis Yesus Kristus akan datang berhasil ditangkap.
  2. Petani New England bernama William Miller berkata kiamat akan datang di antara 21 Maret 1843 dan 21 maret 1844. Khotbahnya tentang kiamat yang dipublikasikan menyebabkan Miller dapat memimpin ribuan pengikut yang kemudian memutuskan hari kiamat terjadi pada 23 April 1843. Banyak yang menjual atau menyumbangkan barang-barang miliknya meskipun pada 23 April yang diramalkanYesus tidak datang dan kelompok mereka akhirnya dibubarkan.
  3. Seorang astronom menemukan ekor komet mengandung gas mematikan yang disebut cyanogen pada 1881. Penemuan ini hanya sekilas saja menarik sampai seseorang menyadari bahwa Bumi akan melintasi ekor komet Halley pada 1910. Beberapa surat kabar termasuk The New York Times saat itu menulis spekulasi yang mempertanyakan apakah orang-orang di Bumi akan bermandikan gas beracun. Kondisi ini menimbulkan kecemasan yang menjalar di Amerika Serikat dan sekitarnya. Kecemasan itu mereda setelah seorang ilmuwan menjelaskan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
  4. Saat komet Hale-Bopp nampak pada 1997 muncul sebuah desas-desus yang mengatakan sebuah pesawat alien mengikuti komet tersebut. Meskipun kabar itu dibantah oleh para astronom, radio paranormal Art Bell mempublikasikannya melalui talk show bernama “Coast to Coast AM.” Klaim ini menginspirasi sekte bernama Heaven’s Gate (Gerbang Langit) untuk menyimpulkan bahwa dunia segera berakhir. Akibatnya 39 orang anggota sekte tersebut akhirnya bunuh diri pada 26 Maret 1997.
  5. Menjelang berakhirnya 1999 banyak orang mulai khawatir bahwa komputer dapat menyebabkan kiamat. Masalah tersebut pekali pertama disadari pada 1970 yaitu banyak komputer tidak akan mampu membedakan tahun 2000 dengan 1900. Tak banyak yang meyakini efek hal tersebut tapi banyak sugesti tentang masalah kehancuran, mulai dari padamnya listrik secara massal sampai bencana nuklir.
  6. Richard Noone pada 1997 menulis buku 5/5/2000 Ice : The Ultimate Disaster meramalkan bahwa es di Antartika akan setebal tiga mil pada 5 Mei 2000. Tanggal ini menandakan pergeseran Bumi menuju surga sehingga membuat Bumi diselimuti oleh es.
  7. Menurut Menteri dari God’s Church, Ronald Weinland hari kiamat telah dekat. Pada 2006 dia menulis sebuah buku 2008 : God’s Final Witness yang menyatakan ratusan juta orang akan mati pada akhir 2006. Hanya ada jangka waktu maksimal dua tahun sebelum dunia jatuh pada saat-saat terburuknya. Sedangkan pada musim gugur 2008 Amerika Serikat tidak lagi menjadi negara adidaya.

0 komentar:

Posting Komentar

ANTARA News