Translate

21 Desember 2012

Kiamat Tidak Terjadi, Suku Maya Gelar Upacara


Berakhirnya kalender suku Maya dianggap sebagian orang sebagai akhir zaman. Namun, suku Maya sendiri tampaknya tak percaya. Mereka malah menggelar upacara syukur. Menurut penanggalan suku Maya, hari ini, Jumat 21 Desember 2012 merupakan akhir dari kalender terpanjangnya selama 5.125 tahun. Suku Maya di sejumlah wilayah pun menggelar berbagai upacara menyambut berakhirnya kalender mereka wujud syukur.
Di dataran tinggi Guatemala, sejumlah warga suku Maya menggelar upacara. Dalam upacara tersebut, terlihat pembaruan budaya suku Maya dengan agama Khatolik. Lihat videonya di tautan ini.
Pencampuran agama dan budaya ini memang sudah terjadi sejak satu gereja berdiri di sana, 400 tahun lalu. Bahkan, gereja tersebut didirikan di atas kuil suku ini.
Sementara di Meksiko, wisatwan dan warga suku Maya menggelar lima perayaan berakhirnya kalender. Di bawah matahari terik, peserta menari di sekitar api unggun. Upacara ini dipimpin seorang kakek yang didaulat menjadi penjaga api suci. Perayaan berakhirnya kalender suku Maya mencapai puncaknya hari ini.

0 komentar:

Posting Komentar

ANTARA News