Translate

18 Desember 2012

Pemkab Tasikmalaya Bentuk Unit Pelayanan Cepat Penanggulangan Kemiskinan


Berangkat dari keprihatinan terhadap kondisi kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melahirkan Unit Pelayanan Cepat Penanggulangan Kemiskinan (UPCPK) untuk melayani dan memberikan penangan yang bersifat mendesak terhadap warga miskin yang belum tercakup oleh program percepatan pananggulangan kemiskinan.
“Kehadiran UPCPK diharapkan tidak lagi terdengar dan mendapati warga miskin di Kabupaten Tasikmalaya yang kesulitan mendapat pelayanan kesehatan dan pendidikan. UPCPK harus menjadi jawaban atas persoalan di bidang kesehatan dengan permasalahan tingginya jumlah kematian bayi dan ibu melahirkan, serta menjadi solusi terhadap permasalahan pendidikan dengan masih tingginya jumlah anak putus sekolah terutama bagi anak yang berusia di jenjang pendidikan dasar 9 tahun,” kata Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanul Ulum seusai meresmikan UPCPK di gedung Setda, Senin (17/12).
Menurutnya, kehadiran UPCPK dilandasi dengan amanat Peraturan Presiden nomor 15 tahun 2010 dan berdasarkan Permendagri nomor 42 tahun 2010 serta didasari dengan kondisi masyarakat miskin yang sangat mendesak untuk mendapat pelayanan prima dari pemerintah. “Namun yang paling substansial adalah bahwa semua ini dilandasi dengan perintah agama dengan cara memberikan kemudahan dan memperingan beban kehidupan sesama ummat,” ujar Uu.
Dikatakan Uu, kemampuan anggaran pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sangat terbatas dalam mendanai program-program pembangunan, khususnya untuk penanggulangan kemiskinan. Tentu saja untuk itu membutuhkan dukungan seluruh komponen masyarakat.
Dari pantauan di lapangan, selain meresmikan UPCPK, Bupati juga melantik tujuh anggota UPCPK. Enam orang PNS satu orang non-PNS. Adapun Ketua UPCPK adalah Cepi Muharam, SE, MM yang sebelumnya menjabat sebagai staf Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tasikmalaya, yang akan bertugas menghimpun dan mengolah data masyarakat miskin sebagai bahan kebijakan program penanggulangan kemiskinan. Kemudian melakukan verifikasi penduduk miskin di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, lalu melakukan penanggulangan cepat.
Bupati juga meresmikan lounching SMS Gateway yang dikerjasamakan dengan INDOSAT untuk tujuan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Tasikmalaya dimanapun berada yang membutuhkan informasi pembangunan di Kab. Tasikmalaya dengan nomor 085793400004 dengan format pengetikan: KATEGORI DATA spasi KABUPATEN/NAMA KECAMATAN. Seperti contoh Penduduk Kabupaten. Pesan tersebut akan dijawab secara otomatis dengan total jumlah penduduk di Kab.Tasikmalaya.

0 komentar:

Posting Komentar

ANTARA News